gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

12:54 AM

Renstra Promosi Pariwisata

Diposkan oleh Admin

BAB I
PENDAHULUAN

Public Relations (PR) atau hubungan masyarakat (humas) sekarang ini sangat popular di Indonesia. Banyak orang yang ingin bercita-cita menjadi professional PR atau staf PR. Namun tidak banyak yang tahu bahwa tugas PR bukan hanya menangani media atau wartawan. Tugas staf PR itu bukan pula sekedar menjadi juru bicara organisasi belaka. Ada banyak tugas yang mesti dijalankan, yang bermuara pada terjaganya atau meningkatnya reputasi dan citra organisasi di mata publiknya melalui kegiatan komunikasi yang dijalankan PR.

Kegiatan Public Relations merupakan faktor penting dari proses komunikasi dan keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan-kegiatan di dalam lembaga pemerintahan maupun bisnis. Selain itu seorang PR/humas juga harus mampu menyusun suatu perencanaan kegiatan dengan baik juga strategi yang bisa diperhitungkan untuk kelancaran suatu kegiatan humas. Atau yang biasa disebut dengan Rencana Strategi Humas.

Rencana dapat diartikan sebagai suatu langkah atau tujuan yang ingin kita capai yang disusun untuk memilih hal yang diinginkan sesuai dengan tahapan pada prosesnya. Adapun pengertian dari strategi yaitu langkah-langkah yang ingin dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian dari rencana strategi humas yaitu suatu rencana humas yang sudah direncanakan sedemikian rupa dan langkah-langkah yang ingin dilaksanakan untuk mencapai tujuan.


Dalam suatu kegiatan kehumasan sangat diperlukan adanya suatu perencanaan dan strategi. Keduanya ini merupakan tugas yang harus dijalankan oleh seorang humas profesional guna tercapainya tujuan atau kegiatan humas yang diharapkan. Sebagai contoh rencana strategi humas dapat diterapkan dalam mempromosikan suatu tempat pariwisata. Dalam kegiatan promosi pariwisata seorang humas harus dapat melakukan perencanaan yang baik jika ingin promosi yang dilakukan dapat berhasil. Sehingga tempat pariwisata yang di promosikan bisa diketahui dan dikenal oleh masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional. Memang tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi jangan pula dipersulit karena dalam implementasinya seorang humas dapat menggunakan metode-metode untuk memperlancar proses kegiatan tersebut. Dan tentu saja mengacu pada langkah-langkah yang harus dijalankan dalam perencanaan kegiatannya.

Untuk itu, dalam makalah ini penyusun akan mengangkat tema Rencana Strategi Humas dalam mempromosikan pariwisata khususnya di Banten.


lanjutannya bisa di download

2 komentar:

jerova said...

wah nice post..(btw gi kejar setoran yah sob hehe)

buwel said...

hehehehe, kirain PR tuh page ranks....nice artikel dah...