gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

3:54 AM

Pakar Pondasi Sarang Laba-laba

Diposkan oleh Admin


Bidang Politik memang Asik jika kita pandai berbicara dan berstrategi dalam menghadapi lawan bicara kita, dan keasikan itu juga akan melupakan minat atau keahlian kita yang lainnya saat kita melakukannya dengan senang. Ir. Sutjipto sang penemu pondasi Laba-laba beralih menjadi politisi..

Insinyur Sutjipto, penemu teknik fondasi sarang laba-laba, ini lebih populer sebagai politisi ketimbang bidang konstruksi keahliannya. Nama pria kelahiran Trenggalek ini mencuat kepermukaan saat terjadinya konflik dalam tubuh PDI Jawa Timur. Sutjipto memilih mendukung DPP PDI pimpinan Megawati Soekarnoputri. Pilihan ini mengantarkannya menjabat Sekjen PDI-P dan Wakil Ketua MPR.

Mantan bendahara DPD PDI Jawa Timur ini menjadi Ketua PDI Jawa Timur menurut SK 043 yang dikeluarkan Megawati Soekarnoputri, menggantikan Latief Pudjosakti. Kubu Latief yang ‘berpihak’ pada pemerintah Orde Baru menolak pengangkatan Sutjipto. Jadilah kepengurusan ganda DPD Jawa Timur. Sutjipto yang berlatar ''pekerja intelektual'' ini sesungguhnya orang yang cukup berpengaruh dalam sukses PDI Jawa Timur menambah lima kursi tambahan pada Pemilu 1992 sebelumnya.

Ia pun memimpin kader dan simpatisian PDI di Jawa Timur melawan campur tangan pemerintah dalam tbuh PDI. Dia pun memindahkan markas PDI ke kantor CV Bumi Raya, perusahaan jasa konstruksi miliknya. Sebab kantor lama masih dikuasai kubu Latief Pudjosakti. Sebuah bentuk perlawanan kepada pemerintah yang otoriter sekaligus sebagai wujud dukungan kepada kepemimpinan Megawati yang didukung oleh arus bawah.

Pilihannya membela dan menjunjung demokrasi itu, telah mengantarkan lulusan Insitut Teknologi Surabaya (ITS) yang kemudian menemukan teknik fondasi sarang laba-laba, ini menjadi seorang politisi kaliber nasional. Ahli konstruksi yang temuannya antara lain dipakai di Bandara Hang Nadim, Batam, ini akhir lebih mengalir bicara politik ketimbang bidang konstruksi yang juga digelutinya.

Memang, kehidupan politik (berorganisasi) bukan hal baru baginya. Sejak di SMA tahun 1964, ia sudah aktif di Gerakan Siswa Nasional Indonesia. Kemudian saat kuliah di ITS, ia aktif di Komisariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia,hingga menjabat menjabat wakil sekretariat GMNI Jawa Timur (1971). Pada tahun 1986, ia pun mulai aktif di PDI. Lalu, dua tahun kemudian terpilih sebagai bendahara PDI Jawa Timur.

Nama:
Ir Sutjipto
Lahir:
Trenggalek
Agama:
Islam
Jabatan:
Sekretaris Jenderal PDI-P
Wakil Ketua MPR-RI
Keahlian:
Penemu Teknik Fondasi Sarang Laba-laba

Pendidikan:
S1 Insitut Teknologi Surabaya (ITS)

Alamat Rumah
Jl. Denpasar Raya Blok C-III/12 Jakarta Selatan
Telepon (021)5229851 Fax (021)5296387 (K) (021)5

Sumber : tokohindonesia.com

2 komentar:

genial said...

terlihat ceteknya saiia jika berkenaan dengan perpolitikan di Indonesia kang :( jd malu saiia nya nii :p

Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang said...

wah.. infonya bagus banget sob ^_^
Kenali Dan Kunjungi Objek Wisata Di Pandeglang