gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

7:29 AM

UKM vs China-ASEAN FTA

Diposkan oleh Admin


China…

Negara dengan sebutan Tirai Bambu ini mungkin tidak akan memakai tirai bambu lagi untuk sebutan Negara ini. Perlahan tapi pasti china mulai bangkit meninggalkan Negara-negara Asia lainnya dan ingin menjadi trade leader of ASIA dan tidak mustahil akan menjadi Trade Leader in The World seperti Jerman.

Adalah CAFTA yang bakal mewujudkan impian China untuk menjadi Leading di Asia dalam halam hal Ekspor atau perdagangan dan ekonomi secara makro. Disisi lain, mungkin Indonesia bakal menjadi Negara dengan pengangguran terbanyak, kenapa demikian, karena melihat dari klausul Free Trade Agrement per 1 januari 2010 Pemerintah Indonesia dengan sangat jelas dan pasti tidak membebani Bea Masuk kepada China alias 0%. Barang-barang china bebas melenggang masuk ke Indonesia tanpa “saringan” walaupun hanya 0,0001 % misalnya.

Dengan tanpa beban Bea-Masuk ke pasar Indonesia tentu serbuan produk-produk china semakin deras di pasaran. Tanpa ada FTA barang China sudah sangat banyak di pasaran lalu apa jadinya kalau klausul FTA sedikit pun Indonesia tidak memberikan pajak untuk produk china ini, maka yang akan terkena dampaknya secara langsung adalah Usaha Kecil dan Menengah. Mereka akan tergerus oleh gelombang produk-produk China yang sangat murah, dengan ini UKM dipaksa harus lebih kreatif lagi untuk menanggulangi ancaman kekalahan UKM di pasar negerinya sendiri.

Ini seperti tidak sejalan dengan program pemerintah yang ingin mengembangkan UKM melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat) nya, dengan keadaan seperti ini Pemerintah harus mempunyai antisipasi atau pencegahan agar UKM-UKM tidak menutup “lapaknya”. Dari kutipan yang saya dapat di Suara Karya Online (13/1)

“Demikianlah posisi kita, Indonesia, dalam kerangka FTA ASEAN-China. Kita tidak mengecilkan eksistensi. Akan tetapi, marilah realistis dan berpijak pada fakta. Lama sebelum FTA ASEAN-China direalisasikan, pasar kita sudah dipadati aneka produk China. Tidak sedikit unit bisnis kita yang terpaksa harus tutup karena tak kuat menghadapi serbuan produk China. Dari situ, kita sudah merasakan bahwa berdasarkan kinerja ekonomi terkini kedua negara, kemitraan RI-China dalam kerangka FTA jelas tidak berimbang. Jika pemerintah menerima begitu saja jadwal waktu realisasi FTA ASEAN-China, bukan hanya konyol, melainkan patut dilihat sebagai langkah bunuh diri. Kebijakan pemerintah dalam mengadopsi FTA itu benar-benar tidak realistis, tidak berdasarkan kalkulasi yang akurat. Karena itu, harus ada yang mengoreksi langkah itu.”

Jelas sudah bahwa FTA membuat deg-degan para pelaku usaha di Indonesia, semoga Pemerintah memang sudah siap dengan segala dampak yang akan terjadi atau hanya sekedar ikut-ikutan FTA aja biar kelihatan keren???? Ini akan jadi pertaruhan nama Pemerintah di mata Rakyat khususnya dunia usaha.


11 komentar:

elyas said...

pantesan barang barang china sliweran
harganya pun lebih miring>ternyata..

the international times said...

sudah tidak mungkin lg pemerintah menarik mundur keputusannya dlm ikut serta FTA, skrg lebih baik mencari solusi dari pada berkeluh kesah. pemerintah yg mengambil langkah demikian....maka pemerintah pula harus mencari solusi buat menghadapi efek samping dari FTA ini.

small note - budiawan hutasoit said...

dulu barang2 dari china masuk ke indonesia hampir 90% adalah ilegal. tdk bayar bea masuk. makanya harganya bisa murah.
banyak penyeludup yang kaya raya.
dgn adanya CAFTA, maka kita tdk butuh para penyeludup itu.
itu salah satu sisi yg positip.

sisi negatifnya, jelas, kalo Pemerintah tdk memberikan support ke pengusaha atau UKM, spt yg dilakukan oleh Pemerintah China, maka cepat atau lambat, para pengusaha - terutama UKM - akan mati. tdk kuat bersaing.

mudah2an pemerintah sigap menanggapi 'keluhan' para pengusaha.

genial said...

china makin meraka... lalu bagaimana halnya dengan jepang..?!?!?? hmm...

My Poem pr3 said...

Ur link is ready in my blogroll please add my link too.

My Poem pr3 said...

Ur link is ready in my blogroll please add my link too.

wira usaha said...

benar2,,terhempit indonesia

Anonymous said...

I want not concur on it. I regard as nice post. Expressly the title attracted me to review the whole story.

denie said...

salam kenal booos?

Anonymous said...

Easily I to but I contemplate the brief should acquire more info then it has.

gambutku said...

blogwalking. please visit back.
shoutmix is change.:D