gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

7:18 AM

Mengatasi Insomnia

Diposkan oleh Admin

Kurang Tidur atau susah tidur merupakan gejala yang sudah lama ada tetapi kebanyakn bagi penderita itu bukan merupakan suatu penyakit, tetapi dalam sebuah jurnal Psychologi Today tahun 1986, dikatakan bahwa insomnia merupakan problematika psikis atau penyakit fisik atau sama dengan memiliki beberapa penyakit yang harus di obati. Dari pandangan seorang Dokter yang bernama Dr. Nino Murcia yang memimpin klinik Insomnia di Stanford AS, mengatakan bahwa “belum pernah ada penderita insomnia memiliki insomnia karena satu factor saja, melainkan banyak factor”.


Susah tidur ini atau yang biasa disebut Insomnia ternyata memiliki tiga jenis insomnia :

  1. Insomnia Transient (artinya cepat berlalu) insomnia seperti ini hanya terjadi beberapa malam saja.
  2. Insomnia jangka pendek, insomnia seperti ini akan berlangsung beberapa minggu dan kemudian akan kembali normal,
  3. Insomnia Kronis, berlangsung lebih dari 3 minggu.


Beberapa factor insomnia yaitu :

  1. Faktor psikologi : stress yang berkepanjangan paling sering menjadi penyebab dari insomnia jenis kronis, sedangkan berita-berita buruk gagal rencana dapat menjadi penyebab isomnia jenis transient.
  2. Problem psikiatri : depresi paling sering ditemukan. Bangun lebih pagi dari yang tidak di inginkan merupakan gejala umum dari awal depresi, cemas, neorosa, dan gangguan prikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.
  3. Sakit fisik: Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat menjadi gangguan ketika tidur.Selama penyebab fisik tersebut belum dapat ditanggulangi maka penyakit susah tidur akan tetap terjadi.
  4. Faktor lingkungan: lingkungan yang bising seperti lintasan pesawat jet, rel kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.
  5. Gaya hidup : Alkohol, rokok, kopi, obat penurun badan, jam kerja yang tidak teratur, merupakan penyebab tidak bisa cepat tidur.

Dampak dari insomnia yang akan menyerang tubuh kita, yaitu :

  1. adalah akan berkurangnya daya tahan tubuh sehingga akan semakin memicu kita terkena serangan penyakit lain, karena tubuh kita memang telah diatur sedemikian rupa untuk suatu keseimbangan metabolisme fisik yang akan mengatur kesehatan kita, dan tidur juga berfungsi untuk menata kembali keseimbangan fisik setelah sekian lama terjaga dan kelelahan.
  2. Susah tidur akan berpengaruh terhadap stabilitas emosi sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari. Dalam lingkungan kerja pun akan mengurangi motivasi kerja, konsentrasi, ketelitian, kreativitas dan produktivitas kerjanya. Dalam hal lain misalnya seperti berkurangnya minat untuk baca, belajar dan akan membuat penderita lebih mudah stres.

Ada beberapa macam usaha yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan insomnia :
1. Tidurlah sebanyak yang anda perlukan untuk istirahat.
2. Miliki jadwal tidur yang rasional
3. Jangan bekerja saat hendak tidur
4. Buat kamar tidur mempunyai udara yang segar
5. Kurangi cahay yang membuat mata tetap terjaga
6. Minumlah coklat hangat atau susu coklat hangat
7. Hindarkan merokok pada saat hendak tidur atau 1 jam menjelang tidur
8. Olahraga ringan 6 jam menjelang tidur
9. Hilangkan semua pekerjaan-pekerjaan atau tugas yang belum selesai
10. Hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut jika insomnia terus
berkelanjutan.


Dikutip dari beberapa sumber : nusaindah.tripod.com dan sinarharapan

27 komentar:

nada said...

info y g ekren gan

budiawanhutasoit said...

untunglah aku ngga kena insomnia..
tapi yg jelas, kalo lagi ga ada uang, kepalay suka pusing..ada tipsnya ngga? hehe

jhonson blog said...

sangat informatif...trim's infonya...kebetulan saya juga susah tidur kalo malam hari :)

Lata said...

jd musti banyak-banyak tidur kali mas yah?!?!?!?

lina@happy family said...

Info yang bermanfaat; saya bersyukur tidak kena imsonia. Susah tidur paling kalo lagi banyak pikiran; biasanya saya pejamkan mata dan pasang kapas basah di kelopak mata... Cara ini manjur buat saya karena membuat saya rileks dan tertidur.

gdpermana said...

aLL.: insomnia emang males banget, kadang sampe bikin kita kurus..hehe
,bak lina, cara itu emang bener bisa bikin tidur..hehe

ALL IN tUmBuH said...

wah,.,. harus di cegah,. mantav info nya,.

Anonymous said...

perlu memeriksa:)

Anonymous said...

belajar banyak

ina said...

nice tips, thanks...
low susah tidur ina biasanya online2 xixixixixi....
cari temen gtu kag :)

ina said...

nice tips, thanks...
low susah tidur ina biasanya online2 xixixixixi....
cari temen gtu kag :)

SeNjA said...

OK bgt tipsnya,...

makasih ya karena kebetulan aku salah satu wanita yg susah tidur juga.

insomnia... @_@

willy said...

kebetulan sekali nihh aku susah banget tidur
dah kena insomia parah aku bro
bs lebih dari 3 minggu susah kali tidur
bahkan pernah hampir 5 hari sama sekali ga tidur

sexy-sexy said...

very nice artikel

compi said...

good post
very informatif

gambutku said...

kalau saya gara2 buat laporan sehingga mau gak mau harus tidak tidur(begadang).:D

narti said...

biasanya kalau banyak pikiran jadi susah tidur...hehe...

sda said...

makasih artikelnya, lengkap sekali...
kalau dibiarkan akan mengganggu aktifitas harian...

Ahmad Ramadani said...

untung aja gue masih tidak kesulitan untuk tidr..
thanks infonya sob

daftar ptc luar terpercaya said...

waduh makasih mas infonya.kadang kadang saya juga mengaslami insomnia nih ehehe

wira usaha said...

thanks info!!!!!

wira usaha said...

thanks info!!!

pemula said...

sering lupa termasuk insomia tidak ya?

anak nelayan said...

mantab tipsnya sobat

Irvan Manalu said...

Mau Ebook gratis dengan sangat mudah hanya buat link artikel dan berkomentar saja. Ditunggu di blogku

Irvan Manalu said...

ditunggu di

http://haribaru08.blogspot.com/2010/12/ebook-bisnis-internet-gratis.html

dapatkan ebooknya..

esagelo said...

Ia nih mas, gara-gara saya belum tidur sehari semalam saya kok jadi ngantuk ya :(
Salam mas :)