gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

7:08 AM

Psikologi Komunikator

Diposkan oleh Admin

BAB I
PENDAHULUAN



Komunikasi adalah hubungan kontak antar manusia dan antara manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari komunikasi merupakan bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, paling tidak sejak manusia itu dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. Gerak dan tangis yang pertama pada saat ia dilahirkan merupakan tanda komunikasi (Widjaja, 1986)
Selain itu untuk menjalin rasa kemanusiaan yang akrab diperlukan saling pengertian sesama anggota masyarakat. Dalam hal ini faktor komunikasi memainkan peran penting, apalgi bagi manusia modern. Manusia modern yaitu manusia yang cara berpikirnya tidak spekulatif, tetapi berdasarkan logika dan rasional (penalaran) dalam melaksanakan segala kegiatan dan aktivitasnya. Kegiatan dan aktivitasnya itu akan terselenggara dengan baik melalui proses komunikasi antar manusia. Komunikasi telah menjadi bahan bagi dari kehidupan manusia. Berhasilnya suatu komunikasi ialah apabila kita mengetahui dan mempelajari unsur-unsur yang terkandung dalam proses komunikasi. Unsur-unsur yang dimaksud adalah sumber (resource), pesan (message), saluran (channel, media), dan penerima (receiver atau audience).
Dalam proses komunikasi bersamaan tersebut diusahakan melalui tukar menukar pendapat, penyampaian pesan informasi serta perubahan sikap dan perilaku. Efek dalam komunikasi adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima (komunikan atau khalayak) sebagai akibat pesan yang diterima baik langsung maupun tidak langsung atau maupun media massa jika perubahan itu sesuai dengan keinginan komunikator maka komunikasi tersebut disebut efektif. (Anwar Arifin: 1977)



Disiplin ilmu psikologi mencoba menganalisa seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi. Pada diri komunikan, psikologi memberikan karakteristik manusia komunikan serta faktor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi perilaku komunikasinya. Pada komunikator, psikologi melacak sifat-sifatnya dan bertanya; apa yang menyebabkan komunikasi berhasil dalam mempengaruhi orang lain, sementara sumber komunikasi yang lain tidak. Psikologi juga tertarik pada komunikasi diantara individu; bagaimana pesan dari seorang individu menjadi stimulus yang menimbulkan respon bagi individu yang lain. Psikologi meneliti proses mengungkapkan pikiran menjadi lambang bentuk-bentuk lambang dan pengaruh lambang terhadap perilaku manusia

BAB II
Psikologi Komunikator Dan Syarat-Syarat Komunikator





Bab Selanjutnya dan daftar Pustaka bisa di download disini

4 komentar:

Unknown said...

read more

INDONESIAN VOICES said...

Info yang cukup berguna...

anjrot.com said...

good info..

Pinokio said...

Artikel dan blognya bagus juga, komentar juga ya ke blog saya www.infonotesharian.blogspot.com