gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

7:25 AM

Pemilu, berhasilkah ia…

Diposkan oleh Admin

April 9, 2009..

Dimana tanggal itu merupakan tanggal terjadinya “pesta demokrasi” yang disebut-sebut sebagai demokrasi paling oke sejagad raya.


Well untuk kata “sejagad raya” mungkin kita acungkan jempol lah untuk negeri kita. Tapi…… dibalik kata itu menyisakan banyak cerita yang mungkin tidak bisa di ceritakan dalam satu malam..

Mulai dari caleg yang setres karena kalah dan abis modal, mobil yang di jual, rumah yang disita dan deposito yang dikuras sampai kepada partai yang “gulung tikar” karena sepi peminat. Dan dibalik kata paling oke sejagad raya juga ada yang patut kita cermati dan kita analisa, dari mana kah kata itu berasal ketika kita tahu kenyataannya bahwa pemilu di Indonesia begitu banyak persoalan yang mendasar yang sebenarnya wajib kita pertanyakan kepada sang penanggung jawab baik itu BPS atau Badan Pusat Statistic, KPU, dan Pemerintah. Mulai dari jumlah DPT yang bermasalah, kertas surat suara yang bermasalah hingga TPS yang ditemukan fiktif, ini semua merupakan perangkat dasar untuk pelaksanaan Pemilu tahun ini selain tentunya partai dan calegnya.


Hasil Sementara

Saat ini mungkin KPU dan lembaga riset dan survey sedang bingung menghitung, KPU menghitung untuk secepatnya mempublikasikan data yang valid sementara lembaga riset dan survey menghitung secepat dan seakuratnya supaya lembaga riset dan survey tersebut naek pasarannya. Tak bisa dipungkiri, ketika hasil lembaga survey tidak berbeda jauh dengan KPU maka lembaga survey tersebut pun akan menjadi “jagoan” partai dalam menghadapi Pilpres mendatang. Untuk kemudian partai bisa bertindak apa yang harus dilakukan ketika partai sudah berkonsultasi dengan lembaga survey yang tahun demi tahun makin marak.
Dan inilah hasil sementara dari KPU

Hasil Sementara Pemilu 2009

Sumber: KPU
Minggu, 12/04/2009 20:41 WIB
No Partai Politik Jumlah Suara Persentase
1 Demokrat (31) 650.584 20,40%
2 PDIP (28) 468.228 14,68%
3 Golkar (23) 463.554 14,54%
4 PKS (8) 271.686 8,52%
5 PAN (9) 208.133 6,53%
6 PPP (24) 170.414 5,34%
7 PKB (13) 165.308 5,18%
8 Gerindra (5) 144.692 4,54%
9 Hanura (1) 113.253 3,55%
10 PBB (27) 56.434 1,77%
11 PKPB (2) 49.477 1,55%
12 PKNU (34) 41.356 1,30%
13 PDS (25) 34.455 1,08%
14 PPRN (4) 33.356 1,05%
15 PKPI (7) 30.934 0,97%
16 PPD (12) 28.500 0,89%
17 PDP (16) 27.885 0,87%
18 PBR (29) 27.034 0,85%
19 PPPI (3) 21.662 0,68%
20 Barnas (6) 21.300 0,67%
21 PDK (20) 17.837 0,56%
22 RepublikaN (21)14.021 0,44%
23 PMB (18) 13.590 0,43%
24 PNBK (26) 12.239 0,38%
25 Kedaulatan (11)10.626 0,33%
26 PIS (33) 10.625 0,33%
27 PPI (14) 10.377 0,33%
28 Patriot (30) 9.771 0,31%
29 PPIB (10) 8.915 0,28%
30 Pelopor (22) 8.859 0,28%
31 PNI M (15) 8.333 0,26%
32 PKDI (32) 8.077 0,25%
33 Pakar Pangan (17) 7.089 0,22%
34 Partai Buruh (44) 6.035 0,19%
35 PPDI (19) 4.081 0,13%
36 PSI (43) 3.825 0,12%
37 PPNUI (42) 3.354 0,11%
38 Merdeka (41) 3.222 0,10%
39 PAAS (35) 0 0,00%
40 PDA (36) 0 0,00%
41 Partai SIRA (37) 0 0,00%
42 PRA (38) 0 0,00%
43 Partai Aceh (39) 0 0,00%
44 PBA (40) 0 0,00%
Jumlah 3.189.121 100%

Sementara ini adalah kutipan yang saya ambil dari detik.com, yang menyebutkan jumlah DPT tahun ini mencapai 171.265.442.
“Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009 pasca keluarnya peraturan pemerintah pengganti undang undang (perpu) Nomor 1 Tahun 2009. Jumlah pemilih bertambah 197.775. Sehingga, total DPT adalah 171.265.442.
”Jadi DPT bertambah, jika sebelumnya DPT adalah 171.068.667, sekarang adalah 171.265.442,” kata Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Kamis (12/3/2009). Hafiz mengatakan jumlah pemilih dalam negeri adalah 169.789.595. Jumlah ini bertambah dari DPT yang diumumkan pada 24 November 2008 sebesar 169.558.775. Saat ini pemilih luar negeri adalah 1.475.847, adapun sebelumnya pemilih luar negeri adalah 1.509.892.”


Mungkin masih terlalu pagi untuk menyebutkan pemenangnya adalah Partai Demokrat, karena Jumlah DPT yang ada sebanyak 171.265.442 sementara suara yang terkumpul baru mencapai 3.189.121, tetapi masih ada pemenang yang lain dari luar partai, yaitu surat suara tidak sah atau golput ataupun suara yang tidak sah karena pemilih “tidak ngerti” cara mencoblos. Untuk Golput, ini adalah uji efektifitas fatwa MUI tentang golput yang sebelumnya telah saya bahas bulan lalu.


Tetapi jika komposisi 1,2 dan 3 tidak berubah maka menurut beberapa pengamat mengatakan bahwa “Pemilu tahun ini gagal, karena pemilih memilih partai Demokrat hanya melihat dari figure seorang SBY yang merupakan “pentolan” atau Dewan Pembina Partai Demokrat tetapi pemilih tidak melihat dari sisi kualitas partai atau tidak melihat dari apa yang telah di lakukan oleh partai”.
Dan sayangnya pemilh pun mungkin terbuai dari apa yang telah dilakukan pemerintahan SBY yang telah menurunkan “kembali” BBM, padahal sebenarnya turunnya BBM itu adalah hal yang sangat logis di lakukan karena memang di pasaran dunia sudah turun artinya itu bukan “murni” prestasi pemerintah yang patut di banggakan atau menjadi referensi untuk memilih demokrat dengan SBY-nya, karena siapa pun pemerintahannya menurunkan BBM itu sudah harus dilakukan dan tidak dengan berturut-turut atau bertahap tapi bisa dilakukan dengan turun sekaligus.


Terlepas dari siapa yang menang dan siapa yang kalah, kita harus ikut mengapresiasi hasil pemilu nantinya untuk menunjukan jiwa kebangsaan kita sebagai anak bangsa yang turut andil memajukan Indonesia dan mungkin memang seharusnya setiap Presiden tidak di bebani dengan hanya menjabat 5 tahun ganti tapi berilah kesempatan lebih banyak agar program yang dijalankan benar-benar terlaksana, logikanya adalah dengan luas Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan jumlah penduduk yang mencapai hampir 300juta jiwa sangat sulit untuk memajukan Indonesia kepada taraf yang lebih baik. Soeharto pun membawa Indonesia kepada yang lebih baik tidak dalam 5 tahun walaupun soeharto kemudian memberikan beban yang sangat berat terhadap rakyat Indonesia.


Maju Indonesia, berkibarlah Sang Saka Merah Putih dan terbang tinggilah Burung Garuda merupakan Impian saya yang sangat ingin dan berharap Indonesia menjadi satu kekuatan Dunia yang tidak dipandang sebelah mata.


Merdeka!!!!!!!

43 komentar:

afiszone said...

Pemilu kali ini kacau banget !! Gimana ni tanggung jawab KPU.

Get Free 3 Domain
Visit http://blog.afiszone.com

Wildan Arief said...

aminn.. mg2 sypapun yg tpilih bs kasi dampak positip bwt qt..

Blok c No.3 said...

kacau..kacau..tapi semoga nggak terjadi kekacauan di Nusantara ini.

yusuf said...

spti yg kau inginkan aku akan mengomment mu..hehehe
bg gw sypa pun caleg yg menang itu suatu MUKJIZAT...soalnya peluangnya kecil bgt...ya ngak??iya donk...

JHONI said...

iya sepertinya pemilu kali ini ribet dan ruwet....pantas kali dijuluki pemilu teruwet di dunia...

yah tapi moga aja indonesia tetap jaya.....moga pemimpin yg maju memang berkwalitas dan punya kemampuan untk memimpin bangsa

PISS dari bali

dinoe said...

benar kata sobat..berilah waktu untuk mereka memimpin lebih lama agar mereka bisa membenahi segala persoalan yang ada..

Anton said...

sebuah rencana dan tindakan tidak selalu akan sempurna, tetapi yang membuat lebih baik adalah bagaimana itu mnjadikan kita belajar lebih baik lagi. salam kawan dari anak medan

bunda azka said...

klo soal pemilu no komen deh. toh hasilnya juga gak mrmuaskan :p

ndyteen said...

ga tau dah hasilnya kayak apa tar...coz masih banyak kecurangan waktu pemilu

wh said...

Bang kita kan udah merdeka....

arton said...

pemilu kali ini aku merasa kecewa, gimana ga kecewa, hari gini belum jadi DPT???? skalian sob sempetin ngubah link blogku yah.. ganti dearyoti.blogspot.com jadi dearyoti.com thanks yah

sungaikuantan.com said...

ayo semangat.........
maka biar lebih semangat...
main ke blog aku yah....
ada penjara peninggalan belanda di bengkalis....
Huis van Behauring Rumah Orang tantai

ghielz said...

pemilu di tempat gw banyak yang golput....gmn dunk

ghielz said...

pemilu di tempat gw banyak yang golput....gmn dunk

album sunda riri maysyuri said...

ditempat aku juga banyak yang golput..masalahnya ada yang disengaja tapi ada juga yang sebenarnya mereka ingin sekali mencontreng pilihan mereka tapi karna waktu yang terbatas jadi ga kebagian nyontreng,terus ada juga yang ga kedata karna panitia sibuk mendata caleg.

Natalia said...

cukup kacau gak kek biasanya siy, gue mikir ada dalang di balik kekacauan ini malah..tak deh :D

an said...

wahaaaah pesta demokrasi sob masa tukang becak dibkasi nyalonin jadi caleg di bali 2 orang tewas kena serangan jantung karena gagal raih suara maksimal

dan sekarang artis mulai beralih provesi jadi politikus yg mestinya ingin rakus abisin duit rakyat


sampah semua elite politik

bayu nugroho said...

hayah politik maning, paling anti, tapi bedewei, mudah2an yang bener yah sekarang yang naek yah...

Hikmah San Blog said...

walah-walah pemilu buat bangkrut para caleg!! hehehehee...

halo bro gimana kabarnya?? salam sukses selalu!!

kasimbu said...

gak tau akh... siapapun pemimpinnya yg pnting... profesional aja....

♥ Neng Aia ♥ said...

duh! rajinnya ngumpulin perolehan suara

budiawanhutasoit said...

kalo diliat dari kinerja KPU, maka Pemilu tahun ini adalah yang terburuk.
soal banyaknya pemilih (atau rakyat) yang memilih Partai Demokrat karna sosok SBY, kayaknya mayoritas rakyat kita memang begitu.
belum bisa melihat dari kualitas Partai dan program partai.
masih perlu belajar deh..

halah..sok jadi pengamat politik nih..hehe

joe said...

yang menang adalah golput...

ebeeth mproot said...

kayaknya sob ini kader partai ya...hehe rajin ngumpulin suara....
lima taon yang kan datang mo nyalon gak boss?

gdpermana said...

yup all...
ada yang setuju ada yang tidak itu semua dinamika dalam politik itu semua merupakan konstelasi politik dalam negeri. ada yang ingin segera diganti ada yang ingin pemerintahan ini trus berlanjut, elit politk memerankan peran2nya masing2, tetapi kita sebagai rakyat jangan hanya menonton tapi awasi konerja pemerintahan yang akan datang...

@bang budi, emang bener sih masyarakat hanya melihat sosok atau figur SBY nya aja tapi ga lihat kinerja partainya..

untuk @wh... kita memang merdeka pada saat proklamasi tahun 45 tapi saat ini apakah kita benar2 merdeka?? banyak penjajah2 bermuka manis dan berpakian rapih di tengah2 kita semua yang harus kita awasi..

saya rindu akan kejayaan Indonesia.
tapi kapan yah indonesia jaya??he

genial said...

sbg org bawah mahh.. kita pasti2 aja ngasih kesempatan buat mrk2 yg di atas utk berbuat apa aja... tiap taun spt itu... hiks hiks hiks...

garuk2 rambut mode on*

Mampir Ngombe said...

Koalisi untuk bagi2 kekuasaan...hem.......jangan ah...

Tapi Kalo koalisi tujuanya utk rakyat ya....ya....ya....

Dinoe said...

Berhasilnya suatu pemilu dibutuhkan partisipasi kita semua

Q_XidiX said...

KPUnya kliatan lom siap dan masih mo disogok...

bunda azka said...

Pemilunya mmg kacau. Untung kmren aq golput. hihi...

si kumb@ng said...

kurang atu tuh partainya
PARTAI GOLPUT
pemenang pemilu legeslatif
he he he

www.katobengke.com said...

kalau menurut aq bukan pemilunya yang kacau kale tapi para calegnya yang pada kacau iyakan...hehhhheheh

peternakanonline said...

ada info sobat jangan lupa datang yah...so penting diketahui......

DeciL said...

wah kayanya pemilu kali ini sudah kacau....semerawut d mana2 mungkin ga karena adanya sistem baru yang bikin kacau..

ciamismanis said...

wah kayaknya banyak yang gag berhasilkang, soalnya berita di tepe banyak yang stressss.....salam kenal yah kang

bunda said...

saya suka kutipan terakhir ini :
Maju Indonesia, berkibarlah Sang Saka Merah Putih dan terbang tinggilah Burung Garuda merupakan Impian saya yang sangat ingin dan berharap Indonesia menjadi satu kekuatan Dunia yang tidak dipandang sebelah mata.
semoga saja impian ini dapat terwujud.. amin amin amin

hwehehe said...

parah sob pemilunya...........hhehehehe... banyak video curang beredar....

Chandra said...

Waawww...

Banyak yang stress....

Gila dah... bela2in utang sampe 2M, ngga menang stress...

gsyah said...

he...he...hasilnya ternyata banyak caleg yg stress ya. caleg yg aneh.

Den'Rama said...

Pemilu kali hancur dan merupakan pemilu terburuk tahun ini....

Sewa mobil di surabaya said...

KPU pusing x soalnya banyak nama caleg tapi orangnya udah gak ada. udah gitu dibuat pusing ama partai2 yg suka adu otot......

Pasang iklan tanpa daftar said...

jangan salahkan KPU
KPU juga manusia.
tidak ada yang sempurna.....
salam

gdpermana said...

terima kasih atas semua commentnya insya Allah saya akan mengunjungi kalian semua dan coment di t4 kalian, tapi saat ini lagi sibuk ujian dan tugas.

ternyata respon terhadap pemilu cukup banyak, walaupun ada yang golput dan no coment tetapi dengan berkomentar berarti kalian termasuk yang peduli terhadp negara ini. kita memang bukan siapa2 di negara ini kita hanya rakyat biasa tetapi ingat kekuatan terbesar di suatu negara berada di tangan rakyat. pemerintahan dan kekuasaan bisa lengser karena rakyat. mari kita awasi bersama pemerintahan supaya semua berjalan dengan baik, walaupun kita tidak ikut andil dalam pemerintahan tapi satu yang pasti ini negara kita semua dan jangan sampai negara kita "di acak2" oleh politikus2 busuk yang menggerogoti negara kita.