gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

9:06 AM

4 SEHAT 5 SEMPURNA

Diposkan oleh Admin

4 sehat 5 sempurna tentu sangat diperlukan oleh tubuh kita, apalagi akhir-akhir ini cuaca di dunia semakin meningkat maka kita harus benar-benar menjaga stamina agar semuanya bisa terkontrol da tidak membuat tubuh kita down alias ngedrop seperti yang saya alami , tetapi saat 4 sehat 5 sempurna itu ternyata telah salah kaprah maka?

Masyarakat memahami konsep itu sebagai harus mengonsumsi komponen 4 sehat 5 sempurna sekaligus setiap sesi makan. Menurut ahli gizi, aplikasi 4 sehat 5 sempurna yang bagus yakni mengonsumsinya dengan cara bertahap. Seperti apa?

Menurut ahli gizi yang terkenal dengan resep food combining-nya, Andang Gunawan, teori makan 4 sehat 5 sempurna sekaligus setiap sesi makan telah ketinggalan zaman. Yang benar, konsumsi 4 sehat 5 sempurna harus mengikuti irama tubuh yakni memperhatikan pencernaan.

"Tubuh kita ini kan ada ritme. Dalam pola makan itu yang penting bukan memasukkan 4 sehat 5 sempurnanya, tapi pencernaannya. Oke kita memasukkan 4 sehat 5 sempurna, tapi dicerna nggak oleh tubuh kita?" kata Andang saat berbincang dengan detikcom.
Namun berikut akan dipaparkan mengenai Empat Sehat Lima Sempurna yang terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :

1. Makanan Pokok

Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Makanan pokok ini mengandung Karbohidrat yangberdasarkan gugus penyusun gulanya dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Fungsi karbohidrat adalah juga salah satu pembentuk energi yang paling murah, karena pada umumnya sumber karbohidrat ini berasal dari tumbuh-tumbuhan Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.

2. Lauk-Pauk

Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain. Daging ikan juga mampu menurunkan kolesterol, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Karena banyaknya manfaat menu masakan daging ikan, mengonsumsinya menjadi pilihan cerdas.
Manfaat dan fungsi daging ikan bagi tubuh juga diperkuat oleh berbagai penelitian untuk mengetahui manfaat daging ikan. Hasilnya didapat sekitar 5.000 penelitian yang menyatakan kalau daging ikan bisa mengurangi tingkat serangan jantung koroner.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, proses pengolahan daging ikan menjadi menu bercita rasa tinggi bisa dengan berbagai cara. Mulai dari dibakar, digoreng, hingga dibuat sup maupun gulai, ikan tetap memiliki cita rasa menggugah selera.

3. Sayur-Mayur

Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Sayur merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya karoten (provitamin A). Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan karotennya. Kandungan beta karoten pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya. Berbagai penelitian membuktikan bahwa sayuran mengandung senyawa jitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi Anda dari penyakit dan ’memerangi’ kegemukan. Lebih jauh lagi, phytochemicals, zat yang hanya dapat ditemui pada sayur dan buah, ampuh menurunkankan risiko penyakit kronis dan kanker.

4. Buah

Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Buah merupakan salah satu menu makanan yang menunjang kesehatan kita. Konsumsi buah sudah diketahui banyak orang sebagai pelengkap agar memenuhi menu makanan sehat karena buah memiliki nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh. Buah sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan bagian yang tak terpisahkan agar kita dapat selalu sehat dan bugar. Buah juga dijadikan menu wajib untuk makanan Anda sehari-hari. Contohnya yakni strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas. Karena kandungan vitamin BI, B2, C dan Provitamin A pada stroberi dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih serta dapat mencegah terjadinya pengeriputan pada kulit

5. Susu

Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita. Konsumsi gizi makanan pada seseorang dapat menentukan tercapainya tingkat kesehatan atau sering disebut status gizi. Apabila tubuh berada dalam tingkat kesehatan gizi optimum dimana jaringan jenuh oleh semua zat gizi maka disebut status gizi optimum. Dalam kondisi demikian tubuh terbebas dari penyakit dan mempunyai daya tahan yang setinggi-tingginya. Tradisi minum susu sapi sudah dikenal sejak 6000-8000 SM di Mesir, karena manfaatnya bagi kesehatan. Penelitian terakhir manfaat susu sapi adalah pelindung sel kolon dari zat penyebab kanker. Selain itu, bermanfaat untuk mencegah migren dan mengurangi sindrom pramenstruasi. Para ahli gizi menganjurkan susu sapi rendah lemak bagi yang sedang menurunkan berat badan, agar tetap memperoleh kalsium.

Susu sapi merupakan sumber vitamin D, vi¬tamin K, dan kalsium, yaitu tiga nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Sedangkan kandungan vitamin B12 dan ribovlafin bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular dan enerji. Penelitian terbaru menemukan bahwa kandungan asam lemak pada susu sapi yang disebut conjugated linoleic acid (CLA) berfungsi untuk membunuh sel kanker kulit dan kanker payudara. Selain itu, CLA |uga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol hingga mencegah aterosklerosis (penyempitan pembuluh nadi karena plak yang disebabkan kolesterol tinggi).


Dari Berbagai Sumber..
Link nya telah hilang saat adik saya menyusun tugas ini..hehe jadi kalo yang merasa mempunyai artikel ini silahkan coment maka saya akan menyimpan link anda dalam artikel ini.

2 komentar:

BeeMouNTaiN said...

I'm coming bro... selain makanan yg cukup jgn lupa Olah raga ya!
btw...pe-er yg dulu udah belom ya??

che_3z said...

Selain olah raga juga istirahat yg cukup..habis minum susu (apalagi susu yg cocok:)) langsung tidurrrr,,,hoho..
Wehhh..kebanjiran job repiu nih kayaknya si empunya blog..:)).
Sukses bro...