gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

8:22 AM

Bentuk Frekuensi Radio

Diposkan oleh Admin

Frekuensi Radio

Rough plot of earth’s atmosphere transmittance (or opacity) to various wavelengths of electromagnetic radiation, including radio waves.
Frekuensi radio menunjuk ke spectrum elektormagnetik di mana gelombang elektromagnetik dapat dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke sebuah antenna frekuensi seperti ini termasuk bagian dari spectrum di bawah ini :

Catatan : Di atas 300 GHz, penyerapan radiasi electromagnetic oleh atmosfer bumi begitu besar sehingga atmosfer secara efektif menjadi “opak” ke frekuensi lebih tinggi dari radiasi elektromagnetik, sampai atmosfer menjadi transparan lagi pada yang disebut jangka frekuensi infra red dan jendela optikal.

Band ELF, SLF, ULF, dan VLF bertumpuk dengan spectrum AF sekitar 20-20.000 Hz. Namun, suara disalurkan oleh kompresi atmosferik dan pengembangan dan bukan oleh energi elektromagnetik.

Penghubung listrik di desain untuk bekerja pada frekuensi radio yang dikenal sebagai Penghubung RF. RF dikenal juga merupakan nama dari penghubung audio/video standar, yang juga disebut BNC (Bayonet Neill-Concelman).
Band frekuensi yang memiliki nama
• Band III – 174-245 MHz
• ISM Band …….. Frekuensi tertentu bervariasi

Microwave (IEEE US)
L band 1 to 2 GHz
S band 2 to 4 GHz
C band 4 to 8 GHz
X band 8 to 12 GHz
Ku band 12 to 18 GHz
K band 18 to 26 GHz
Ka band 26 to 40 GHz
V band 40 to 75 GHz
W band 75 to 111 GHz


Gelombang Mikro

Gelombang mikro atau Mikrogelombang (microwave) adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (high super frequency, SHF) yaitu diatas 3 GHz (3x109 Hz) Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, makanan menjadi panas dan masuk dalam waktu singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam oven microwave.

Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada RADAR (Radio Detection and Ranging). RADAR digunakan untuk mencari dan menentukan jejak suatu benda dengan gelombang mikro dengan frekuensi sekitar 1010 Hz.


Inframerah

Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti “bawah merah” (dari bahasa Latin infra, “bawah”), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga “order” dan memiliki panjang gelombang antara 700 mm dan 1 mm.

Spektrum Optik
Spektrum Optik (Cahaya atau spectrum terlihat atau spectrum tampak) adalah bagian dari spectrum elektromagnetik yang tampak oleh mata manusia. Radiasi elektromagnetik dalam rentang panjang gelombang ini disebut sebagai cahaya tampak atau cahaya saja. Tidak ada batasan yang tepat dari spectrum optic; mata normal manusia akan dapat menerima panjang gelombang dari 400 sampai 700 nm, meskipun beberapa orang dapat menerima panjang gelombang dari 380 sampai 780 nm. Mata yang telah beradaptasi dengan cahaya biasanya memiliki sensitivitas maksimum di sekitar 555 nm, di wilayah kuning dari spectrum optic.

Panjang gelombang yang kasat mata di definisikan oleh jangkauan spectral jendela optic, wilayah spectrum elektromagnetik yang melewati atmosfer Bumi sebagian besar tanpa dikurangi (meskipun cahaya biru dipencarkan lebih banyak dari cahaya merah, salah satu alasan mengapai langit berwarna biru). Radiasi elektromagnetik di luar jangkauan panjang gelombang optic, atau jendela transmisi lainnya, hamper seluruhnya di serap oleh atmosfer.

Cahaya putih dipencarkan oleh sebuah prisma menjadi warna-warni dalam spectrum optic.

Warna-warna di dalam spectrum
Meskipun spectrum optic adalah spectrum yang kontinu sehingga tidak ada batas yang jelas antara satu warna dengan warna lainnya, table berikut memberikan batas kira-kira untuk warna-warna spectrum: [1]

Ungu 380-450 nm
Biru 450-495nm
Hijau 495-570nm
Kuning 570-590nm
Jingga 590-620nm
Merah 620-750nm

Ultraungu

Radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris : Ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetik terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil.
Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380-200 nm) dan UV vakum (200-10 nm). Ketika mempertimbangkan pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380-315nm), yang juga disebut “Gelombang Pendek” (short wave).

Istilah ultraviolet berarti “melebihi ungu” (dari bahasa Latin ultra, “melebihi”), sedangkan kata ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya dari sinar tampak. Beberapa hewan, termasuk burung, reptile, dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai “hampir UV”. Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan warna manusia.

Sinar – X
Sebuah foto sinar-X (radiograf) diambil oleh Rontgen
Sinar-X atau sinar Rontgen adalah salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 picometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHz to 60 EHz. Sinar-X umum nya digunakan dalam diagnosis gambar medical dan kristalografi sinar-X. Sinar-X adalah bentuk dari radiasi ion dan dapat berbahaya.

Sinar gama
Sinar gamma (seringkali dinotasikan dengan huruf Yunani gama, γ) adalah sebuah bentuk berenergi dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomic lainnya seperti penghancuran electron-positron.

Sinar gamma membentuk spectrum elektromagnetik energy-tertinggi. Mereka seringkali didefinisikan bermulai dari energy 10 ke V/ 2,42 EHz/ 124 pm, meskipun radiasi elektromagnetik dari sekitar 10 ke V sampai beberapa ratus ke V juga dapat menunjuk kepada sinar-X keras. Penting untuk diingat bahwa tidak ada perbedaan fisikal antara sinar gamma dan sinar-X dari energy yang sama. Mereka adalah dua nama untuk radiasi elektromagnetik yang sama, sama seperti sinar matahari dan sinar bulan adalah dua nama untuk cahaya tampak. Namun gamma dibedakan dengan sinar-X oleh asal mereka. Sinar gamma adalah istilah untuk radiasi elektromagnetik energy-tinggi yang diproduksi oleh transisi energy karena percepatan electron. Karena beberapa transisi electron memungkinkan untuk memiliki energy lebih tinggi dari beberapa transisi nuklir, ada penindihan antara apa yang kita sebut sinar gamma energy rendah dan sinar-X energy tinggi.

Sinar gamma merupakan sebuah bentuk radiasi mengionisasi; mereka lebih menembus dari radiasi alfa atau beta (keduanya bukan radiasi elektromagnetik), tapi kurang mengionisasi.

Perlindungan untuk sinar γ membutuhkan banyak massa. Bahan yang digunakan untuk perisai harus diperhitungkan bahwa sinar gamma diserap lebih banyak oleh bahan dengan nomor atom tinggi dan kepadatan tinggi. Juga, semakin tinggi energy sinar gamma, makin tebal perisai yang dibutuhkan. Bahan untuk menahan sinar gamma biasanya di ilustrasikan dengan ketebalan yang dibutuhkan untuk mengurangi intensitas dari sinar gamma setengahnya. Misalnya, sinar gamma yang membutuhkan 1 cm (0,4 inchi) “lead” untuk mengurangi intensitasnya sebesar 50% juga akan mengurangi setengah intensitasnya dengan konkrit 6 cm (2,4 inchi) atau debut paketan 9 cm (3,6 inchi).

Sinar gamma dari Fallout nuklir kemungkinan akan menyebabkan jumlah kematian terbesar dalam penggunaan senjata nuklir dalam sebuah perang nuklir. Sebuah perlindungan fallout yang efektif akan mengurangi terkenanya manusia 1000 kali. Sinar gamma memang kurang mengionisasi dari sinar alfa atau beta. Namun mengurangi bahaya terhadap manusia membutuhkan perlindungan yang lebih tebal. Mereka menghasilkan kerusakan yang mirip dengan yang disebutkan oleh sinar-X seperti terbakar, kanker, dan mutilasi genetika.
Dalam hal ionisasi, radiasi gamma berinteraksi dengan bahan melalui tiga proses utama: efek fotoelektrik, penyebaran Compton dan produksi pasangan.

Source : wikipedia.com dengan beberapa pengeditan dan tambahan

4 komentar:

genial said...

salah satu ranah yang gag saiia ngerti ini kang :( maaf jd gag bsa komen apa-apa... :( salam hangat :)

DUNIA POLAR said...

suerrr aku bener2 nggak ngerti sama yang beginiannn :(

chill-fu.net said...

klo saya sih lebih nyantol ke sinar X
maklum, klo ttg sinar X sy juga pernah, biasanya berhub klo qta sakit yaitu di Rontgen

genial said...

kemanakah orangnya?