gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

7:56 AM

Sampai Jumpa Bulan depan....KKM

Diposkan oleh Admin

Satu bulan menjelang tak akan terganti oleh banyak bulan, Kuliah Kerja Mahasiswa merupakan pengalaman yang tidak tergantikan oleh apapun (menurut beberapa kakak tingkat) dan pada hari kamis tanggal 16 Juli 09 pun saya akan melaksanakan KKM yang pertama dan terakhir karena memang Cuma satu kali selama kuliah..hehe

KKM, mungkin banyak yang bertanya untuk apa KKM? Pertanyaan itu patut di utarakan baik oleh mahasiswa ataupun oleh masyarakat yang akan menerima kehadiran mahasiswa KKM, karena pada dasarnya KKM pada saat ini mulai tersingkirkan perannya karena memang desa-desa sudah banyak yang mandiri dan bergerak menuju pra-kota atau pergerakan sebelum menjadi kota lalu tugas KKM adalah memberdayakan masyarakat agar sedikit lebih maju dari yang lain. KKM juga merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Peran serta mahasiswa di masyarakat di Uji saat KKM karena pada saat KKM banyak Program-Program dari mahasiswa yang akan dijalankan di desa tersebut dan itu merupakan “sarana” yang dianggap mampu untuk menunjukin kapabilitas dan kredibilitas calon Sarjana Strata 1 yang dianggap harus mempunyai program atau rencana sesuai dengan bidang studi atau Jurusan yang ditekuninya. Karena lazimnya S1 merupakan seseorang yang mempunyai program entah apapun itu program yang dijalankan atau dengan kata lain S1 berada pada tataran Ide dan gagasan serta Konsep yang sejatinya akan dijalankan oleh orang-orang (maaf) yang berada dibawah S1.

Tetapi tantangan dari kegiatan KKM adalah bagaimana jika kita salah tujuan atau kita salah desa untuk di kunjungi, maka akan susah sekali bagi kita untuk mengetahui kekurangan serta program apa yang harus kita jalankan karena bahasa kasarnya adalah “mereka tidak butuh kita mahasiswa KKM” karena tanpa kita mahasiswa KKM mereka sudah cukup mapan dan tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mensejahterakan hidupnya sendiri.


Maka pertanyaan berikutnya adalah KKM untuk siapa dan apa KKM? Dan ini yang akan saya coba temukan jawabannya nanti pada saat pelaksanaan KKM di Desa Sukalaba Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang Propinsi Banten. Saya di pilih harus berada pada desa yang setengah maju dan setengah masih ingin bergerak maju dan saya di daulat sebagai Ketua Kelompok menggantikan teman saya satu jurusan, maka dari itu selama tanggal 16 Juli sampai dengan 18 Agustus saya tidak akan bisa sering ngeblog dan mengunjungi kalian karena sebagai ketua harus stanby di tempat.


Blog saya pasti akan sepi dalam 1 bulan jika tidak blogwalking dan mungkin PR akan jadi 0 karena dibantai akibat Job review yang bulan ini sampai tanggal 10 Juli sudah mencapai $ 99 kurang $ 1 untuk mencapai $ 100 tetapi masih mungkin untuk bertambah jobnya, dengan hasil itu saya rela kalau pun PR 3 blog ini dibantai habis tak tersisa dan mungkin menjadi N/A..

Semangat Untuk Semua……
Sampai jumpa bulan depan

12 komentar:

buwel said...

waaaahhh ada benarnya juga ya...

Andy Stone Cold said...

Met KKM ya sobat,semoga lancar!

blog penghasil uang said...

Mas Reviewna apa kok hasilnya banyak banget ?? ikutan donk :) tai aku gak isa bahasa inggris :(

bunda azka said...

wah... aq kehilanganmu nih
hiks :(

sobat said...

halah ..kurang neh komentator di blogku

Kifni said...

semoga sukses kkmnya sob...
blog bisa diururus lagi nantinya...
_____________________________________
kiye bloge kifni|free software and computer tips|hardware and gadget area

genial said...

ko' uda mo ngilang ajja?!?!?!? trus saiia belajar ripiu ma sapa?!?!?!?

Andie Gokil said...

wah,
udah lama ga kesini.
udah mau pergi aja.
ckckc

tapi tetep sob
ada yang baru di blogku sob.
koment yak.
heheh :D:D

maap uda lama ga berkunjung.
link-ku di banned sama shoutmix.
:((

Meryl (proud pinay) said...

helo gd, visiting you today. how's your weekend? hope everything is well in indonesia.

Saung Web said...

Hai sob.. selamat ber KKM ya.. semoga dapat purinya pak lurah..

chill-fu.net said...

wah.. jadi inget masa kuliah dulu. skrg namanya KKM ya bukan KKN

Saung Web said...

Wiw.. senengnya yg ber KKM... dapat gak putri pak Kadesnya ???