gdpermana' blog

"The Simple Blog..."

2:13 AM

Sejarah Perkembangan Jerman

Diposkan oleh Admin






Jerman mempunyai sejarah kenegaraan yang panjang dan unik. Awalnya, Jerman berbentuk Persatuan Jerman, pada 1871 Jerman berdiri berbentuk kekaisaran Jerman. Setelah Perang Dunia II Kekaisaran Jerman terbagi menjadi dua Negara yaitu Jerman Barat (Republik Federasi Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokrasi Jerman).

Kedua Negara itu memiliki ideology yang berbeda. Sejak penyatuan kembali (reunifikasi) Jerman Barat dan Jerman Timur pada 1990, Jerman memiliki nama resmi yang dikenal dengan istilah Republik Federasi Jerman. Saat sekarang Jerman terdiri dari 39 Federasi yang berdaulat, Berlin merupakan ibu kota Negara tersebut.


Republik Federal Jerman (bahasa Jerman: Bundesrepublik Deutschland) adalah sebuah negara di Eropa Tengah. Negara dengan sejarah panjang ini di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luxemburg, dan Perancis. Di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria. Di sebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia.

Di sebelah utara berbatasan dengan Denmark. Negara ini pernah memiliki wilayah yang jauh lebih luas daripada yang sekarang dan pernah pula terpecah secara politik sejak berakhirnya Perang Dunia II tepatnya pada tanggal 7 Oktober 1949 hingga tanggal 3 Oktober 1990, di saat bagian timur negara ini dikuasai oleh rezim komunis dan bernama Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur, atau Deutsche Demokratische Republik disingkat DDR).

Otto von Bismarck (1815–1898)
Penyatuan Jerman di bawah hegemoni Prusia menjadi tujuan politik Bismarck sejak negarawan itu diangkat sebagai perdana menteri Prusia oleh Raja Wilhelm I pada tahun 1862. Seusai perang melawan Austria pada tahun 1866 dan dibubarkannya Serikat Jerman, didirikan Serikat Jerman Utara yang diikuti oleh 17 negara kecil Jerman di bawah pimpinan Prusia.


Menyusul kemenangan dalam perang melawan Perancis 1870-71 didirikan Kerajaan Jerman Kedua, dan Wilhelm I diproklamasikan sebagai kaisar di Versailles. Bismarck tetap menjabat sebagai perdana menteri, tetapi sekaligus menjadi kanselir Kerajaan Jerman.

Sebagai lembaga baru dibentuk dewan perwakilan rakyat, Reichstag, yang dipilih langsung, tetapi hak legislatifnya masih terbatas. Secara gigih Bismarck menentang liberalisme kiri, gerakan politik umat Katolik dan partai sosialis demokrat.

Di lain pihak diciptakan undang-undang jaminan sosial yang paling progresif di Eropa atas usahanya selama tahun 1880-an. Konflik berat dengan Kaisar Wilhelm II yang naik takhta pada tahun 1888 memuncak dalam pemecatan sang ”Kanselir Besi“ pada tahun 1890.
Nazi


Jerman Nazi atau Reich Ketiga merujuk terutama pada masa dari tahun 1933 sampai 1945, ketika Adolf Hitler memimpin negara Jerman sebagai diktator dan menyebarkan ideologi nasional-sosialisme (Nationalsozialismus). Reich adalah kata Jerman untuk "kerajaan". Disebut kerajaan ketiga karena kerajaan pertama adalah Kekaisaran Romawi Suci, sedangkan kerajaan kedua adalah Kekaisaran Jerman.


Dalam periode ini Jerman tumbuh dari negara yang kalah Perang Dunia I hingga menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di dunia. Pada saat yang bersamaan juga berlaku politik rasis yang meninggikan bangsa Arya dan merendahkan ras-ras lain.
Terutama bangsa Yahudi didiskriminasi dan dikumpulkan untuk dibunuh di kamp konsentrasi. Selain orang Yahudi kaum Nazi juga mendiskriminasi dan membantai bangsa Gipsi (Roma dan Sinti) serta bangsa Slavia.


Jerman Nazi berakhir ketika mereka kalah Perang Dunia II melawan Uni Soviet dan kekuatan Sekutu yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Sebagai hasil dari kekalahan ini negara Jerman lantas dibagi menjadi Republik Federasi Jerman di barat dan Republik Demokratis Jerman di timur serta wilayahnya di timur sungai Oder dan Neisse diberikan kepada Polandia dan Uni Soviet.


Sejarah Jerman dimulai dengan didirikannya negara pada era Romawi Kuno pada abad ke-8, dan lalu berlanjut menjadi Kekaisaran Suci Romawi dari abad ke-9 sampai tahun 1806 . Pada kekuasaan terbesarnya, teritori kekaisaran ini terdiri dari Jerman, Austria, Slovenia, Ceko, Polandia Barat, Perancis timur, Swiss, dan Italia utara modern. Setelah pertengahan abad ke-16, ketika kehilangan banyak teritori, kekaisaran ini disebut sebagai "Kekaisaran Romawi Suci Negara Jerman".


Sejarah diikuti dengan Konfederasi Jerman tahun 1815–1866, Kekaisaran Jerman tahun 1871–1918, dan Republik Weimar tahun 1919–1933. Muncul Nazi Jerman Adolf Hitler tahun 1933–1945 dan pecahnya Perang Dunia. Setelah itu, muncul pengaruh setelah perang dengan terpecahnya Jerman dari 1945 sampai 1990 dan penyatuannya.
Tentang Nama Jerman


Nama bangsa Jerman (bahasa Indonesia mengambil dari nama yang dipakai dalam bahasa Inggris) dikenal dengan nama-nama yang berbeda: German (dengan variasinya, contohnya dipakai dalam bahasa Indonesia dan Inggris), Allemania (dengan variasinya, dipakai misalnya oleh bahasa Perancis, Spanyol, dan Arab), Saksa (dipakai oleh bahasa Finlandia) dan juga Deutsch (dengan variasinya, dipakai misalnya oleh bahasa Jerman, Swedia, dan Belanda).


Untuk lanjutan sejarah perkembangan Jerman bisa di download disini atau disini

13 komentar:

hendra said...

info yang sangat menarik , msih banyak diantara kita yang tidak tahu tentang jerman ini, ana telah membuka cakrawala pengetahuan tentang hal ini, waaa, keren sob keren abis..
berkunjung y sob ketempat saya, orang seperti anda ini saya bangga sekali,..
( Duta Business School )

riri maysyuri said...

waw....info bagus neh....

riri maysyuri said...

waw....info bagus neh....

bunda azka said...

lha sejarah indonesia mana??

gdpermana said...

soalnya saya suka jerman bund.hehe

ini sebenernya tugas mata kuliah humas international bund,..hehe

dee-Q said...

Wuuiiiss..mantaabzz..ane suka jerman "jeruk manis" bro..hehehe..Thx 4 infonya..!!

Blok c No.3 said...

hhmmm..gitu yah sob....
seep.

Andie Gokil said...

mendidik neh sob.
hehhee.
ga kayak isi blog gue.
huahhahaa.
nice post!!!
huyeh

JHONI said...

jerman yang saya ingat cuma Hittler sama sejarah bolanya.....hehehehe maklum pengetahuan saya dangkal!!!!

sewa mobil murah said...

thx sohib udah berbagi ilmu ttg jerman.....
nice post....:D

pasang iklan baris gratis said...

sejarah persepakbolaan jerman gimana ya?

English-Indonesia said...

terima kasih atas informasinya...
Sangat bermanfaaat.

chill-fu.net said...

makasih nih infonya, sayang sy belum pernah ke jerman :D